Senin, 20 Februari 2017

KULINER KOREA

 KULINER DARI NEGERI GINSENG

1.Bulgogi

Bulgogi merupakan sajian BBQ khas Korea yang terbuat dari irisan tipis daging sirloin. Biasanya bulgogi dimarinasi dalam saus campuran soy sauce, minyak wijen, bawang putih, dan puree pir. Kemudian daging dipanggang secara tradisional. Bulgogi umumnya disantap bersama sambal Korea (ssamjang) dalam balutan sayuran hijau. Hampir seluruh restoran Korea menyajikan bulgogi, seperti Daebak, Mujigae, dan Bulgogi Brothers.


2.Galbi

Galbi merujuk pada daging panggang gurih manis Korea yang dibuat dari iga sapi. Daging ini direndam dalam saus dari soy sauce, bawang putih dan gula. Baru kemudian daging dipanggang hingga matang. Cicipi kenikmatan galbi di restoran Chung Gi Wa, Han Gang atau Wu Jang Gun.

3.Dak Galbi

Dak galbi asal kota Chuncheon ini berarti iga ayam. Namun tidak ada penggunaan iga pada pembuatan dak galbi. Umumnya dak galbi dibuat dengan menumis potongan fillet ayam yang sudah dimarinasi dalam wajan datar berukuran lebar. Selain ayam, dak galbi kerap kali diberi tambahan tteok (rice cake), kol, daun perilla, ubi, jamur, bawang bombay dan biji wijen. Dak galbi dapat dicoba di restoran Seigo Dak Galbi, Yoogane dan Kogikogi.

4.Samgyetang

Sup ayam muda yang populer ini kaya akan nutrisi. Sebab ayam direbus perlahan dengan beras, ginseng, bawang putih, jahe, kurma merah, gugija dan berbagai rempah lainnya. Rasanya gurih dengan butiran beras yang lembek. Samgyetang banyak dikonsumsi saat musim panas atau sedang kurang sehat. Untuk mencobanya, mampir saja ke restoran SamWon House, Bibigo dan Hanyang Garden.

5.Yangnyeom Tongdak

Yangnyeom Tongdak atau ayam goreng Korea kini sedang naik daun di Indonesia. Ayam berbalut tepung renyah ini biasa diberi lumuran saus gochujang atau soy sauce. Rasanya ada yang asam manis, gurih hingga pedas. Ukuran sayap ayam atau drumette yang kecil membuat sajian ini sering dijadikan camilan. Nikmati ayam goreng Korea di 4 Fingers Crispy Chicken, Kyochon, Bonchon, Chicken Phong, Kkuldak atau Jeans Chilli Chicken.

6.Galbi jjim

Galbi jjim merupakan hidangan iga sapi yang dimasak bersama wortel, kentang, chestnut, dan shiitake. Pembuatan dengan metode slow cooking membuat tekstur daging iga sangat empuk. Sajian kecokelatan ini punya citarasa manis gurih seperti semur. Galbi jjim dapat dinikmati di restoran Wu Jang Gun, Samwon Garden dan Han Gang.

7.Kimchi

Kimchi tak bisa lepas dari budaya kuliner Korea hingga disebut kuliner nasional. Fermentasi sayuran seperti kol dan lobak menjadi makanan pendamping populer di sana. Makanan bercitarasa asam pedas ini juga banyak ditambahkan pada hidangan stew (jjigae), fried rice (bokkeumbap) dan pancake (jeon). Kimchi dapat ditemui di seluruh restoran Korea.

8.Japchae

Japchae merupakan mie goreng gaya Korea. Mie dari ubi (dangmyeon) ditumis bersama daging dan sayuran. Biasanya sayur terdiri dari irisan wortel, bawang bombay, bayam dan jamur. Bumbu japchae sangat sederhana, hanya minyak wijen, gula dan soy sauce. Hampir seluruh restoran Korea mempunyai menu japchae.

9.Jajangmyeon

Mie hitam gurih pengaruh Tiongkok ini banyak tampil di drama Korea. Warna hitam pada jajangmyeon didapat dari pemakaian chunjang (pasta kedelai hitam). Saus kental hitam jajangmyeon biasa dipadukan dengan potongan daging, kentang, bawang bombay dan mentimun.  Penasaran mencobanya? Mampir saja ke Jjang Korean Noodle & Grill, Legend of Noodle, Seigo Dakgalbi dan Ga Ya Sung.

10.Champong

Champong atau jjampong mendapat pengaruh Tiongkok, sama seperti jajangmyeon. Mie berkuah kemerahan ini berisi aneka seafood dan sayuran. Pemakaian bubuk cabai membuat citarasanya jadi pedas. Nikmat disantap saat cuaca dingin! Jiang Korean Noodle & Grill, Legend of Noodle dan Daebak termasuk yang menyajikannya.

11.Sundubu Jjigae

Sundubu jjigae jadi pilihan tepat bagi yang suka makanan pedas berkuah. Stew populer ini terbuat dari campuran seafood, tofu, telur dan sayuran. Rasa pedas pada sundubu jjigae didapat dari pemakaian gochujang (pasta cabai) dan gochugaru (cabai bubuk). Enak disantap panas-panas bersama nasi hangat. Sebagian besar restoran Korea punya sajian sundubu jjigae. Seperti Wu Jang Gun, Chung Gi Wa, Gang Nam Style dan Seorae.

12.Bibimbap

Salah satu sajian nasi populer dari Korea adalah bibimbap. Nasi campur ini tersusun dari nasi, tumisan sayur (namul), daging, dan telur. Sayuran yang dipakai cukup banyak, seperti wortel, bayam, tauge, mentimun, dan jamur. Kemudian soy sauce, gochujang (pasta cabai) dan minyak wijen dimasukkan ke dalam nasi. Bibimbap dinikmati setelah seluruh bahan penyusun tercampur rata. Berbagai restoran Korea biasa menyajikan bibimbap.

13.Kimchi Bokkeumbap

Korea juga punya sajian nasi goreng (bokkeumbap). Menu ini biasanya diberi tambahan kimchi. Sehingga ada jejak rasa asam pedas pada nasi goreng. Pemakaian soy sauce, daun bawang dan minyak wijen menambah aroma hidangan kimchi bokkeumbap.

14.Kimbap
Kimbap atau gimbap merupakan makanan populer terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering atau gim. Isiannya bervariasi, biasanya terdiri dari sumber protein (fish cake, daging kepiting imitasi, telur, atau daging sapi) dan sayuran (mentimun, bayam, wortel, atau acar lobak). Tampilannya mirip dengan sushi. Kimbap dapat dinikmati di Patbingsoo Korean Dessert House, Daebak, School Food, atau Pomato Spoon.

15.Juk

Tak hanya bubur khas Tiongkok yang lezat. Di Korea ada juga bubur dengan nama juk. Makanan hangat ini bisa dibuat dari beras, biji-bijian, wijen hingga kacang azuki. Campurannya bisa daging, abalone, labu dan lainnya. Selain kaya akan gizi, juk juga dianggap baik untuk lambung. Sehingga banyak disantap saat sedang sakit atau masa pemulihan pasca operasi. Di Korea Selatan ada banyak jaringan restoran yang khusus menjual varian juk.

16.Haemul Pajeon

Salah satu camilan favorit asal Korea adalah pajeon. Pancake a la Korea ini mirip dengan bakwan karena mudah diisi berbagai bahan. Mulai dari sayuran, kimchi, daging, hingga ikan bisa dicampur ke dalam jeon. Haemul pajeon (pancake seafood) termasuk jenis yang populer yang dibuat dari aneka seafood dan daun bawang. Anda bisa mencicipi makanan gurih renyah ini di Chung Gi Wa, Samwon Garden, dan Bibigo.

17.Tteokbokki

Pecinta kuliner Korea sudah pasti mengenal bahkan menyukai sajian pedas gurih yang dikenal dengan nama tteokbokki. Jajanan khas Korea ini terbuat dari tteok atau tepung beras berbentuk silinder yang kenyal. Selain tteok, tteokbokki menggunakan kaldu teri, gochujang (pasta cabai), bawang bombay, daun bawang dan oemuk (fish cake). Terkadang keju juga ditambahkan ke dalam tteokbokki. Cicipi makanan bercitarasa gurih pedas ini di Mujigae, SamWon Express, School Food, dan Patbingsoo Korean Dessert House.

18.Ramyeon

Ramyeon atau mie instan sangat disukai masyarakat Korea. Salah satu produk ramyeon paling banyak dikonsumsi adalah Shin Ramyun dari Nongshim. Mie ini tak hanya dibuat di rumah. Mulai dari penjaja kaki lima hingga restoran juga menyediakan ramyeon. Sayuran, tuna, kimchi, keju, atau telur juga sering ditambahkan dalam ramyeon. Biasanya ramyeon disantap langsung dari panci. Restoran Mujigae, School Food, Gomawo dan SamWon Express termasuk yang menyajikan ramyeon.

19.Hotteok

Hotteok merupakan pancake berisi kombinasi brown sugar, kayu manis, madu dan pine nuts. Jajanan manis khas kaki lima ini berbentuk bulat dan tebal seperti pancake ukuran mini. Ada juga hotteok gurih versi sayuran dengan isian dangmyeon (mie dari ubi), bawang, wortel dan lainnya. Dua-duanya enak!

20.Patbingsu

Jika Indonesia mengenal es campur, Korea punya patbingsu. Minuman dingin ini diracik dari campuran es serut, buah segar, kacang merah, hingga es krim. Beberapa kafe Korea di Jakarta memasukkan patbingsu dalam daftar menunya. Seperti Patbingsoo Korean Dessert House, Mujigae, Caffe Bene dan Cafe Hello Bingsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar